Close Menu
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Curug Malela: Niagara Mini di Jantung Hutan Jawa Barat

Kyoto Kerek Tarif Wisata Demi Selamatkan Warisan Budaya

DPRD Kutim Desak Efisiensi Anggaran, Peringatkan Potensi Sanksi

Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp
Jumat, 14 November 2025
  • Advertorial
  • Rilis Berita
Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp YouTube
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel
WhatsApp Channel
Onews.idOnews.id

Bapenda Kutim Gandeng Telkomsel, Perkenalkan Aplikasi Omnichannel untuk Pelayanan Pajak yang Lebih Efisien

SilvaSilva1 Desember 2024 Pemkab Kutim 656 Views
Bapenda
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak berlangsung pada Jumat (29/11/2024) di Gedung Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest WhatsApp Email

Jakarta – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerja sama dengan PT Telkomsel untuk menghadirkan aplikasi Omnichannel dalam sistem pelayanan pajak dan retribusi daerah.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak berlangsung pada Jumat (29/11/2024) di Gedung Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan, dan menjadi langkah penting dalam upaya Kutim memodernisasi sistem administrasi pajak.

Kepala Bapenda Kutim, Syahfur, yang hadir dalam acara tersebut bersama Plt Sekretaris Bapenda Supianti, menjelaskan bahwa aplikasi Omnichannel yang diperkenalkan oleh Telkomsel akan mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan pemerintah daerah.

Teknologi ini memungkinkan pembayaran pajak dan retribusi daerah menjadi lebih cepat, transparan, dan efisien.

“Kami harus bergerak cepat mengikuti perkembangan teknologi digital untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Aplikasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan itu,” ujar Syahfur dengan tegas.

Dengan diluncurkannya aplikasi Omnichannel, Kabupaten Kutim kini menjadi satu-satunya daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengimplementasikan sistem ini dalam pengelolaan pajak daerah.

Ini menandai komitmen Bapenda Kutim untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat.

Sebelumnya, pelayanan pajak dan retribusi daerah di Kutim kerap dianggap lambat dan menyita waktu. Adanya aplikasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut, dengan mengurangi antrean panjang serta memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran pajak.

“Aplikasi ini akan mengurangi antrean panjang dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi. Ini adalah langkah maju untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” tambah Syahfur.

Lebih lanjut, kerja sama dengan Telkomsel juga bertujuan untuk memperkuat sistem administrasi pajak daerah, dengan meminimalkan potensi kesalahan manusia dan memastikan data yang lebih akurat.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pendapatan daerah, yang pada gilirannya mendukung pembangunan daerah secara lebih optimal.

“Dengan aplikasi ini, proses pembayaran pajak akan lebih mudah dan efisien, yang pada gilirannya mendukung pembangunan daerah secara lebih optimal,” jelas Syahfur.

Ke depannya, aplikasi Omnichannel ini tidak hanya akan mempercepat transaksi pajak, tetapi juga membuka peluang untuk mempercepat interaksi antara masyarakat dan pemerintah.

Dengan sistem ini, masyarakat dapat lebih mudah menyampaikan keluhan atau permintaan, serta menikmati transparansi yang lebih besar dalam pengelolaan pendapatan daerah.

“Dengan langkah ini, Bapenda Kutai Timur menunjukkan bahwa mereka tidak hanya berfokus pada inovasi teknis semata, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat untuk memajukan daerah melalui pelayanan yang lebih modern, efektif, dan mudah diakses,” tutup Syahfur.

Bapenda Kutim Kabar Kutim Pemkab Kutim Syahfur
Share. Facebook Pinterest LinkedIn WhatsApp Telegram Email
Previous ArticleRp10 Ribu, Antara Anggaran dan Harapan
Next Article Trump Ancam Tarif 100 Persen untuk BRICS Demi Dominasi Dolar

Informasi lainnya

Kutim Cetak Sejarah: Emas Perdana di Porprov Kaltim Korpri dari Basket 3×3

8 Desember 2024

Disbun Kutai Timur Fokus Turunkan Emisi Karbon melalui Program FCPF-CF

8 Desember 2024

Momentum Gemilang Panjat Tebing di Kutim: Wadah Pembibitan Atlet Muda Kaltim

8 Desember 2024

Mendes PDT dan Bupati Kutim Tanam Pohon di Desa Tepian Langsat untuk Dukung Ketahanan Pangan

7 Desember 2024

Kutim Dominasi Medali Perunggu di Porprov Korpri Kaltim III, Siapkan Langkah Menuju Tuan Rumah 2026

7 Desember 2024

Bimtek RPJMDes Hijau di Kutim, Langkah Besar Pembangunan Berkelanjutan dan Desa Ramah Lingkungan

7 Desember 2024
Paling Sering Dibaca

Banyak Tapi Kurang

Opini Alfi Salamah

Generasi Z dan Aksi Nyata Wujudkan SDGs

Daily Tips Ericka

Risiko Seks di Luar Nikah bagi Pria Muslim

Islami Udex Mundzir

Evis Santika: Wajah Baru di Kwarran Pramuka Cisayong

Profil Silva

PLN Targetkan 1.100 SPKLU Baru untuk Dukung Kendaraan Listrik 2025

Techno Silva
Berita Lainnya
Hukum
Alwi Ahmad20 September 2023

Antusias Siswa SMPN 3 Samarinda Ikuti Jaksa Masuk Sekolah

Fenomena Clipper, Profesi Baru yang Bikin Sarjana Geleng Kepala

Universitas Cipasung Tasikmalaya Cetak Guru Inovatif Lewat STEAM

Minat Masyarakat Positif, Okupansi Kereta Cepat Whoosh Stabil

APBD Kutim Turun Drastis, Pemkab Upayakan TPP ASN Tetap Aman

  • Facebook 920K
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
“Landing
© 2021 - 2025 Onews.id by Dexpert, Inc.
PT Opsi Nota Ideal
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Kode Etik
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.