Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur mengenalkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) atau SP4N LAPOR! kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI).
Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Kaltim Andi Abdul Razaq menuturkan, bahwa SP4N Lapor adalah suatu inisiatif yang mengelola proses penyampaian keluhan dan aspirasi masyarakat terkait layanan publik.
“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk semakin menderaskan informasi tentang kanal aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui kanal SP4N LAPOR!,” tutur Andi dalam kegiatan Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus di UINSI Samarinda, Kamis (17/11/2023).
Andi Abdul Harap Mahasiswa Optimalkan Kanal SP4N LAPOR!
Perancangan program ini secara bertahap dan terhubung secara keseluruhan di tingkat nasional melalui portal akses, yaitu SP4N-LAPOR.
Ia berharap para Mahasiswa bisa mengoptimalkan kanal SP4N LAPOR! sebagai wadah pengaduan dan kanal aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah. Hal itu demi mengawal kemajuan pembangunan.
“SP4N LAPOR! ini adalah salah satu aplikasi nasional di seluruh tanah air. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai generasi muda harus mengetahui dan memahami,” jelas Andi Razaq.
Ia menambahkan, SP4N LAPOR! adalah cara mudah untuk menyampaikan aspirasi. Terutama bagi mahasiswa. Dulu tak ada tempat untuk menyampaikan aspirasi. Kini di era kemajuan teknologi, terdapat fasilitas masyarakat untuk berpartisipasi mengawal pemerintah dalam kegiatan pembangunan.
“Sekarang, dunia dalam genggaman Anda. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutur Andi Razaq.
Mohammad Mahrus Apresiasi Sosialisasi SP4N LAPOR!
Di tempat yang sama, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSI Samarinda, Dr. Mohammad Mahrus mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi di kampusnya.
Baginya, ini adalah kesempatan berharga dan amal jariyah kepada para mahasiswa karena telah memberikan ilmu dan informasi yang bermanfaat.
“Ini adalah bagian dari upaya untuk berbuat adil. Menempatkan sesuatu pada tempatnya. Ketika punya aspirasi atau hal yang ingin disampaikan, SP4N LAPOR! ini lah wadahnya,” terang Mahrus.
Menurutnya, niat baik harus disampaikan dengan cara yang baik. Karena terkadang, mahasiswa yang sebenarnya memiliki niatan baik menyalurkan aspirasi. Namun disalurkan dengan cara-cara yang kurang baik. Bahkan kadang kala, cenderung merugikan orang lain.
“Memang aspirasi itu hak asasi. Tapi ingat, ada hak asasi orang lain yang harus kita hargai. Melalui SP4N LAPOR! ini bisa menyampaikan aspirasi tanpa mengganggu hak asasi orang lain,” imbuhnya.
Muhammad Faisal dan Pranata Humas Ahli Pertama hadir dalam giat Sosialisasi LAPOR! Goes to Campus sebagai narasumber. Kepala Diskominfo Kaltim, Mardiasih serta ratusan mahasiswa UINSI Samarinda tururt hadir sebagai peserta.
