Close Menu
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Curug Malela: Niagara Mini di Jantung Hutan Jawa Barat

Kyoto Kerek Tarif Wisata Demi Selamatkan Warisan Budaya

DPRD Kutim Desak Efisiensi Anggaran, Peringatkan Potensi Sanksi

Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp
Jumat, 14 November 2025
  • Advertorial
  • Rilis Berita
Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp YouTube
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel
WhatsApp Channel
Onews.idOnews.id

Saatnya Gen Z Pimpin Ekonomi Kreatif Digital

Kreativitas adalah mata uang baru di era digital. Siapa yang adaptif, dialah yang memimpin.
ErickaEricka3 Mei 2025 Bisnis
Dr. Lina Marlina , saat menjadi pemateri utama dalam Seminar Ekonomi di Politeknik Triguna Tasikmalaya, Sabtu (3/5/2025).
Dr. Lina Marlina saat menjadi pemateri utama dalam Seminar Ekonomi di Politeknik Triguna Tasikmalaya, Sabtu (3/5/2025).
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest WhatsApp Email

Generasi Z kini berada di garis depan transformasi ekonomi digital. Dalam Seminar Ekonomi bertajuk “Peran Generasi Z Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital” yang digelar di Politeknik Triguna Tasikmalaya pada Sabtu (3/5/2025), Dr. Lina Marlina menekankan pentingnya penguasaan alat digital dan personal branding bagi generasi muda.

Menurut Dr. Lina, Gen Z tidak harus menguasai semua bidang, namun penting untuk memahami dan memanfaatkan tools digital seperti Canva, CapCut, Notion, hingga ChatGPT.

“Belajar dari YouTube, ikuti tutorial gratis, dan praktik tiap hari. Itulah cara bertumbuh di dunia digital,” ucapnya menyemangati peserta.

Ia juga menyoroti pentingnya membangun personal branding sebagai aset utama generasi muda.

“Tunjukkan keunikan kalian. Entah kalian ilustrator tema lokal atau videografer spesialis acara budaya. Aktiflah di LinkedIn, IG, Behance, atau buat blog portofolio,” tambahnya.

Potensi lokal Tasikmalaya bisa diolah menjadi kekuatan ekonomi baru melalui inovasi desain, kolaborasi lintas generasi, digitalisasi pemasaran, serta penguatan kualitas produk lewat kurasi dan sertifikasi.

“Produk lokal bisa tembus pasar nasional hingga global. Industri kriya bahkan bisa menjadi alat edukasi budaya dan sumber pekerjaan di bidang desain, e-commerce, hingga kurator produk,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa 85% jenis pekerjaan pada tahun 2030 belum ada saat ini. Dunia yang serba cepat dan terdigitalisasi menuntut kemampuan adaptif, kreatif, serta semangat kolaboratif.

“Tren digital berubah cepat. Dari podcast ke YouTube Shorts, dari IG ke Threads. Siapa yang bisa beradaptasi, dialah pemenangnya,” katanya sambil mengajak mahasiswa untuk aktif mengikuti tren, bergabung komunitas, dan terus memperluas jejaring kreatif.

Dunia bergerak cepat, dan masa depan bukan untuk ditunggu, melainkan untuk diciptakan. Dalam industri kreatif, mahasiswa tak hanya dituntut untuk bekerja, tetapi juga menginspirasi.

“Jika Tasikmalaya mampu melahirkan karya yang mendunia, maka Gen Z juga bisa memulai dari langkah kecil yang berdampak besar. Jangan takut gagal, takutlah jika tidak pernah mencoba. Mari jadikan kreativitas sebagai gaya hidup, dan bersiaplah menjadi generasi pembaharu yang menyongsong masa depan,” pungkasnya.

Digitalisasi Ekonomi Kreatif Generasi Z Personal Branding Seminar Ekonomi
Share. Facebook Pinterest LinkedIn WhatsApp Telegram Email
Previous ArticleGen Z Harus Melek Alat Digital untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif
Next Article PKS Usulkan Tim Khusus Dukung Petani Milenial Kaltim

Informasi lainnya

Kenapa Skill Jualan Jadi Kunci Hidup Mandiri

29 Agustus 2025

Mengapa Orang Kaya Rajin Berdonasi?

25 Juni 2025

Tren Paylater Melonjak, Saatnya Melek Finansial

19 Mei 2025

Gratis Ongkir Dibatasi, Saatnya Bisnis Logistik Lebih Sehat

19 Mei 2025

Generasi Z dan Aksi Nyata Wujudkan SDGs

19 Mei 2025

Gen Z Harus Melek Alat Digital untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif

3 Mei 2025
Paling Sering Dibaca

Tri Mumpuni, Penyulut Cahaya dari Desa Terpencil

Biografi Alfi Salamah

Bendera Fiksi, Ketakutan Nyata

Editorial Udex Mundzir

Kenapa Gen Z Cepat Bosan Ngobrol Langsung?

Daily Tips Lina Marlina

Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024, Hanya Legitimasi Kemenangan Petahana

Opini Udex Mundzir

Kisah Hafshah: Kesetiaan, Ilmu, dan Pengamanan Alquran

Islami Ericka
Berita Lainnya
Hukum
Alwi Ahmad20 September 2023

Antusias Siswa SMPN 3 Samarinda Ikuti Jaksa Masuk Sekolah

Fenomena Clipper, Profesi Baru yang Bikin Sarjana Geleng Kepala

Universitas Cipasung Tasikmalaya Cetak Guru Inovatif Lewat STEAM

Minat Masyarakat Positif, Okupansi Kereta Cepat Whoosh Stabil

APBD Kutim Turun Drastis, Pemkab Upayakan TPP ASN Tetap Aman

  • Facebook 920K
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
“Landing
© 2021 - 2025 Onews.id by Dexpert, Inc.
PT Opsi Nota Ideal
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Kode Etik
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.