Close Menu
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Curug Malela: Niagara Mini di Jantung Hutan Jawa Barat

Kyoto Kerek Tarif Wisata Demi Selamatkan Warisan Budaya

DPRD Kutim Desak Efisiensi Anggaran, Peringatkan Potensi Sanksi

Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp
Kamis, 13 November 2025
  • Advertorial
  • Rilis Berita
Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp YouTube
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel
WhatsApp Channel
Onews.idOnews.id

Kemenko PMK Dorong Peningkatan Layanan Logistik Jemaah Haji 2025

Fokus pada layanan ramah lansia dan disabilitas, pemerintah targetkan peningkatan kualitas logistik untuk jemaah haji Indonesia.
AssyifaAssyifa11 Februari 2025 Info Haji
Peningkatan Layanan Logistik Haji 2025
Prof. Warsito (.inet)
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest WhatsApp Email

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendorong peningkatan layanan logistik bagi jemaah haji tahun 2025. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa, Warsito, dalam pertemuan dengan PT Pos Indonesia dan berbagai pemangku kepentingan terkait di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, pada Selasa (11/2/2025).

Warsito menegaskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tidak hanya memiliki dimensi spiritual, tetapi juga berperan penting dalam pengembangan ekosistem ekonomi nasional. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan layanan logistik harus terus dilakukan agar lebih optimal dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Penyelenggaraan haji merupakan amanah konstitusi. Dari hasil evaluasi, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Pemerintah berkomitmen melakukan inovasi agar layanan haji semakin baik,” ujar Warsito.

Salah satu inovasi yang diusung adalah penguatan ekosistem ekonomi haji melalui ekspor Bumbu Nusantara untuk memenuhi kebutuhan katering jemaah. Pada tahun 2024, ekspor bumbu nusantara mencapai 70 ton. Selain itu, pemerintah juga telah mengirimkan 1,7 juta kotak makanan siap saji untuk layanan katering di Armuzna, dengan potensi kebutuhan yang masih bisa meningkat hingga 5–6 juta kotak.

Transformasi digital turut menjadi fokus utama. Warsito menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi Kawal Haji dan sistem International Patient Summary telah diterapkan untuk mempermudah pemantauan kesehatan jemaah secara real-time.

Sebagai koordinator lintas kementerian dan lembaga, Kemenko PMK memiliki peran strategis dalam memastikan sinergi antar-stakeholder, khususnya terkait layanan logistik pengiriman barang bagi jemaah haji, baik dari Indonesia ke Arab Saudi maupun sebaliknya.

“Kami ingin memberikan layanan terbaik, terutama dalam hal logistik. PT Pos Indonesia diharapkan bisa mengambil peran strategis untuk menyediakan layanan logistik yang berkualitas dan kompetitif,” tambah Warsito.

Dalam kesempatan tersebut, Warsito juga mengapresiasi peran aktif PT Pos Indonesia dalam peningkatan layanan logistik haji. Tantangan utama dalam layanan ini adalah menjaga kualitas dan memastikan layanan tersebut mampu bersaing secara global.

Lebih lanjut, Warsito mengungkapkan bahwa tema Haji 2025 adalah “Haji Ramah Lansia dan Disabilitas”, sejalan dengan tantangan baru, yakni turunnya kuota petugas haji dari 4.700 orang (2024) menjadi 2.210 orang (2025). Hal ini dinilai sebagai tantangan dalam menjaga kualitas pelayanan bagi 221.000 jemaah haji.

“Penyelenggaraan Haji 2025 adalah masa transisi. Diperlukan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi yang baik antara Kementerian Agama, Badan Penyelenggara Haji, kementerian/lembaga, dan para stakeholder,” tutup Warsito.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting, termasuk Muhammad Zain (Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag), Abdul Haris (Direktur Dukungan Layanan Akomodasi, Konsumsi, dan Transportasi Badan Penyelenggara Haji), serta perwakilan dari PT Pos Indonesia, Ditjen Bea Cukai, dan Garuda Indonesia.

Haji Ramah Lansia Komenko PMK Layanan Haji 2025 Logistik Haji PT Pos Indonesia
Share. Facebook Pinterest LinkedIn WhatsApp Telegram Email
Previous ArticleRaja Kecil di Birokrasi, Prabowo Gertak Sambal?
Next Article Deputi Mundur, Masa Depan Taksi Terbang di IKN Tidak Jelas

Informasi lainnya

Kemenhaj Umumkan Penyakit Tak Lolos Syarat Haji 2026

5 November 2025

Biaya Haji 2026 Turun, Jemaah Hanya Bayar Rp54,1 Juta

29 Oktober 2025

Eks Menag: Pembagian Kuota Haji Harus Adil dan Proporsional

28 Oktober 2025

Kemenhaj dan Kejagung Perkuat Pengawasan Ibadah Haji Bebas Korupsi

30 September 2025

Kementerian Haji Baru Diharap Perkuat Diplomasi Indonesia

9 September 2025

BP Haji Usulkan Kartu Nusuk Dibagikan di Bandara Mulai 2026

22 Agustus 2025
Paling Sering Dibaca

Kreasi Lezat dari Tape Bandung yang Bikin Nagih

Food Ericka

Menuju Haji Suci: Panduan Perjalanan Sebelum Berangkat

Islami Alfi Salamah

Barang yang Jarang Dipakai Akan Dihisab di Akhirat

Islami Ericka

Imam Lupa Baca Al-Fatihah, Apakah Sholatnya Sah?

Islami Udex Mundzir

Sentralisasi Berkedok Nasionalisme

Editorial Udex Mundzir
Berita Lainnya
Hukum
Alwi Ahmad20 September 2023

Antusias Siswa SMPN 3 Samarinda Ikuti Jaksa Masuk Sekolah

Fenomena Clipper, Profesi Baru yang Bikin Sarjana Geleng Kepala

Minat Masyarakat Positif, Okupansi Kereta Cepat Whoosh Stabil

KPK Cetak Quattrick di Riau, Empat Gubernur Tersandung Korupsi

PB XIII Hangabehi Wafat, Takhta Keraton Surakarta Tunggu Pewaris Resmi

  • Facebook 920K
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
“Landing
© 2021 - 2025 Onews.id by Dexpert, Inc.
PT Opsi Nota Ideal
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Kode Etik
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.