Close Menu
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Manfaat Sehat Biji Selasih untuk Tubuh dan Kulit

Lepaskan Ketegangan, Raih Kedamaian

Firnadi Ikhsan Serap Aspirasi Tiga Delegasi di Hari Aspirasi PKS Kaltim

Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp
Jumat, 24 Oktober 2025
  • Advertorial
  • Rilis Berita
Facebook X (Twitter) Instagram WhatsApp YouTube
Onews.idOnews.id
  • Beranda
  • News
    • Nasional
    • Daerah
    • Figur
    • Info Haji
    • Rilis Berita
  • Info Haji 2025
  • Politik
  • Ekonomi
  • Saintek
  • Artikel
WhatsApp Channel
Onews.idOnews.id

Kemenko PMK Dorong Peningkatan Layanan Logistik Jemaah Haji 2025

Fokus pada layanan ramah lansia dan disabilitas, pemerintah targetkan peningkatan kualitas logistik untuk jemaah haji Indonesia.
AssyifaAssyifa11 Februari 2025 Info Haji
Peningkatan Layanan Logistik Haji 2025
Prof. Warsito (.inet)
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest WhatsApp Email

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendorong peningkatan layanan logistik bagi jemaah haji tahun 2025. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa, Warsito, dalam pertemuan dengan PT Pos Indonesia dan berbagai pemangku kepentingan terkait di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, pada Selasa (11/2/2025).

Warsito menegaskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tidak hanya memiliki dimensi spiritual, tetapi juga berperan penting dalam pengembangan ekosistem ekonomi nasional. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan layanan logistik harus terus dilakukan agar lebih optimal dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Penyelenggaraan haji merupakan amanah konstitusi. Dari hasil evaluasi, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Pemerintah berkomitmen melakukan inovasi agar layanan haji semakin baik,” ujar Warsito.

Salah satu inovasi yang diusung adalah penguatan ekosistem ekonomi haji melalui ekspor Bumbu Nusantara untuk memenuhi kebutuhan katering jemaah. Pada tahun 2024, ekspor bumbu nusantara mencapai 70 ton. Selain itu, pemerintah juga telah mengirimkan 1,7 juta kotak makanan siap saji untuk layanan katering di Armuzna, dengan potensi kebutuhan yang masih bisa meningkat hingga 5–6 juta kotak.

Transformasi digital turut menjadi fokus utama. Warsito menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi Kawal Haji dan sistem International Patient Summary telah diterapkan untuk mempermudah pemantauan kesehatan jemaah secara real-time.

Sebagai koordinator lintas kementerian dan lembaga, Kemenko PMK memiliki peran strategis dalam memastikan sinergi antar-stakeholder, khususnya terkait layanan logistik pengiriman barang bagi jemaah haji, baik dari Indonesia ke Arab Saudi maupun sebaliknya.

“Kami ingin memberikan layanan terbaik, terutama dalam hal logistik. PT Pos Indonesia diharapkan bisa mengambil peran strategis untuk menyediakan layanan logistik yang berkualitas dan kompetitif,” tambah Warsito.

Dalam kesempatan tersebut, Warsito juga mengapresiasi peran aktif PT Pos Indonesia dalam peningkatan layanan logistik haji. Tantangan utama dalam layanan ini adalah menjaga kualitas dan memastikan layanan tersebut mampu bersaing secara global.

Lebih lanjut, Warsito mengungkapkan bahwa tema Haji 2025 adalah “Haji Ramah Lansia dan Disabilitas”, sejalan dengan tantangan baru, yakni turunnya kuota petugas haji dari 4.700 orang (2024) menjadi 2.210 orang (2025). Hal ini dinilai sebagai tantangan dalam menjaga kualitas pelayanan bagi 221.000 jemaah haji.

“Penyelenggaraan Haji 2025 adalah masa transisi. Diperlukan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi yang baik antara Kementerian Agama, Badan Penyelenggara Haji, kementerian/lembaga, dan para stakeholder,” tutup Warsito.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting, termasuk Muhammad Zain (Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag), Abdul Haris (Direktur Dukungan Layanan Akomodasi, Konsumsi, dan Transportasi Badan Penyelenggara Haji), serta perwakilan dari PT Pos Indonesia, Ditjen Bea Cukai, dan Garuda Indonesia.

Haji Ramah Lansia Komenko PMK Layanan Haji 2025 Logistik Haji PT Pos Indonesia
Share. Facebook Pinterest LinkedIn WhatsApp Telegram Email
Previous ArticleRaja Kecil di Birokrasi, Prabowo Gertak Sambal?
Next Article Deputi Mundur, Masa Depan Taksi Terbang di IKN Tidak Jelas

Informasi lainnya

Kemenhaj dan Kejagung Perkuat Pengawasan Ibadah Haji Bebas Korupsi

30 September 2025

Kementerian Haji Baru Diharap Perkuat Diplomasi Indonesia

9 September 2025

BP Haji Usulkan Kartu Nusuk Dibagikan di Bandara Mulai 2026

22 Agustus 2025

KPK Minta Jemaah Haji Laporkan Layanan Tak Sesuai 2023–2024

18 Agustus 2025

BP Haji Batasi Mitra Syarikah Jadi Maksimal Tiga Mulai 2026

5 Agustus 2025

Indonesia dan Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Layanan Haji 2026

5 Agustus 2025
Paling Sering Dibaca

Koperasi Desa: Membangun atau Menguras?

Editorial Assyifa

Wartawan Garda Terdepan Bela Negara di Era Informasi

Daily Tips Assyifa

Haji Ilegal, Iman yang Dimanfaatkan

Editorial Udex Mundzir

Rusia dan Ancaman Tsunami Abadi

Editorial Udex Mundzir

Tantangannya Kebocoran Data Pribadi

Editorial Udex Mundzir
Berita Lainnya
Kesehatan
Alfi Salamah23 Oktober 2025

Manfaat Sehat Biji Selasih untuk Tubuh dan Kulit

Firnadi Ikhsan Serap Aspirasi Tiga Delegasi di Hari Aspirasi PKS Kaltim

Kasus Radiasi Cikande Masuk Tahap Penyidikan, PT PMT Dianggap Lalai

Trump Resmikan Fase Dua Kesepakatan Gencatan Gaza

Menkeu Purbaya Pertimbangkan Pemangkasan PPN Tahun 2026

  • Facebook 920K
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
“Landing
© 2021 - 2025 Onews.id by Dexpert, Inc.
PT Opsi Nota Ideal
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Kode Etik
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.